Kerugian Bermain Game

Halo semua...^^
Siapa diantara kalian yang tidak tahu tentang game??!!Pasti kalian semua tahu tentang game, selain menyenangkan game juga dapat memberikan manfaat dah kerugian juga loh...!!
Sekarang saya akan menjelaskan tentang kerugian-kerugian apa saja yang dapat terjadi apabila kita menyalahgunakan game itu sendiri. Kalau mau tahu langsung saja berikut penjelasannya, Cekidot...!!



Menggangu Pekerjaan
Bermain game yang berlebihan dapat mengganggu pekerjaan anda. Apalagi jika game yang di mainkan sanagat seru dan menyenangkan, orang dapat saja bermain hingga hampir seharian penuh dan melupakan semua pekerjaan.Terlebih untuk anak sekolah, banyak anak menghabiskan waktunya untuk bermain game dan melupakan tugas utama mereka yaitu belajar dan sekolah. Hal tersebut akhirnya berdampak pada hasil pendidikan mereka, seperti nilai rendah dan sering "bolos" hanya untuk bermain game.



Keuangan
Mengapa keuangan berkaitan dengan game?
Ya tentu saja ada kaitannya, dalam sejumlah game membutuhkan uang untuk kelangsungan gamenya. Terutama game online, dimana di dalam game online pihak developer(penyedia game) telah menyediakan barang-barang yang tidak mungkin dimiliki dengan mata uang dalam game tersebut. Dengan demikian terpaksa penikmat game online harus rela "merogoh" dompet mereka untuk menjadi yang terhebat di dalam game.



Emosi
Sering kali orang yang bermain game mengalami gangguan mental. Mengapa saya bilang begitu?
Karena seorang yang bermain game berlebihan emosinya akan terbawa tanpa di sadari oleh dirinya sendiri. Coba saja orang yang bermain game dan selalu kalah atau tidak pernah melewati tantangan tertentu, dia akan mudah marah kepada siapa pun yang mencoba mengganggunya. Memaki-maki, membanting peralatan gamenya dan bahkan berprilaku sensitif sepanjang hari merupakan dampak apabila salah menikmati game itu sendiri.

Mengganggu Pikiran
Bermain game yang berlebihan dapat mengganggu pikirannya. Mereka sering kali menghayal akan sesuatu yang berlebihan dan tidak mungkin. Hal ini dapat membuat seseorang depresi karena memikirkan sesuatu yang tidak kunjung tercapai dapat membebani pikiran kita.

Gangguan Kesehatan
Gangguan yang paling mudah di alami seorang penikmat game yakni gangguan mata. Dikarenakan memaksakan mata menatap efek cahaya dan radiasi oleh monitor atau TV saat bermain game. Selain itu tubuh juga mengalami kerugian apabila bermain game berlebihan. Apabila kita bermain game berlebihan kita duduk dan hampir tidak bergerak selama berjam-jam dapat menyebabkan osteoporosis di usia dini. Efek kesehatan yang paling berbahaya yaitu Sindrom Carpal Tunnel dimana orang yang bermain game komputer sering kali menumpukan pergelangan tangan pada sudut meja yang dapat menekan kerja syaraf pada pergelangan tangan. Yang mengakibatkan tangan sering terasa nyeri, mati rasa, tidak bertenaga, dan tidak mampu menggenggam sesuatu dengan erat. Hal ini dapat menyebabkan kelumpuhan pada tangan.



Kecanduan
Orang yang bermain game berlebihan dapat mengalami kecanduan. Game yang menarik dan seru merangsang otak kita agar selalu memainkan game tersebut. Sehingga sulit untuk berhenti menikmati sebuah game. Cara untuk berhenti mungkin apabila kita menemukan sesuatu yang lebih menyenangkan dari game itu sendiri namun kenyataanya bagi seorang gamers tak ada yang lebih menyenangkan daripada bermain game.

Cinta dan Asmara
Dalam hal cinta dan asmara game juga memberikan kerugian. Hal ini dikarenakan seorang gamers biasanya lebih mementingkan bermain game daripada kekasihnya sendiri. Bahkan ada seorang suami tidak memperdulikan istrinya sendiri karena sibuk bermain game.


Nah...sudah tahukan apa saja kerugian bermain game berlebihan. Sepertinya masih banyak lagi kerugian-kerugian dari bermain game, tapi itu saja yang bisa saya bagikan buat kalian semua sekarang. Mungkin apabila ada yang masih punya kerugian-kerugian lainnya silahkan koment aja. Agar bisa membantu orang lain yang belum begitu tahu tentang manfaat dan juga kerugian dalam bermain game. Jadi bermain game sewajarnya dan nikmatilah game sebaik-baiknya.

2 comments:

  1. Replies
    1. Iya dong pasti ada manfaatnya, kan sudah saya tulis juga itu manfaatnya. kalo gak klik aja tulisan manfaat di artikelnya ntar muncul kok.

      Delete

Jangan berkomentar yang mengandung Sara dan Flaming. Terima Kasih.