Manfaat Bermain Game


Halo semua...^^
Pasti kalian semua tahu tentang game...Baik itu game PC, PS, Nintendo, dll. Namun tahukah kalian bahwa game memiliki manfaat dan kerugiannya. Baik itu manfaat dan kerugian yang di dapat tergantung dari pribadi kita masing-masing, dan bagaimana kita mengatur cara atau pola bermain game kita. Kalau begitu langsung saja kita bahas tentang manfaat yang kita dapat dari bermain game.



Hubungan Sosial
Dalam bermain game tidak sedikit yang mengharuskan para pemainnya untuk melakukan interaksi dengan sesama. Apalagi bila game yang kita mainkan ada game online MMORPG, dimana di dalam game semua player dapat berinteraksi. Karena kurangnya interaksi denagan sesama dapat merusak mental dan perkembangan sosial seseorang, jadi di dalam game mungkin dapat membantunya untuk saling berhubungan dengan sesama. Yang dengan demikian mungkin dapat di bawanya ke kehidupan nyata.

Kegiatan Fisik
Ada banyak video game yang dalam pengoperasiannya membutuhkan kegiatan fisik. Seperti contohnya yaitu NintentoWii, dimana dalam memainkan game pemain harus melakukan kegiatan dalam game tersebut. Lihat gambar d bwah ini,


Dalam gambar di atas seseorang sedang memainkan game tinju dimana pemainnya seakan bertinju sungguhan karna setiap gerakan dalam game tergantung dari gerakan si pemain. Jadi tergantung pintar-pintar anda dalam memilih game.

Kemampuan Belajar
Sebuah game dapat meningkatkan kemampuan anda untuk belajar. Misalnya dalam memecahkan masalah pemain di haruskan dengan sabar dan kreatif untuk melewatinya. Ada juga game yang dimana pemain diharuskan mengambil kendali dan berpikir sendiri untuk mengambil keputusan, dan semua itu berpengaruh pada kelangsungan game tersebut. Denagan game demikian dapat mengasah otak dan kemampuat berpikir kita.

Koordinasi Mata dan Tangan
Bermain game dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, dimana hal ini sanagat d perlukan dalam kehidupan sehari-hari. Sebenarnya bnyak hal yang dapat meningkatkan koordinasi mata dan tangan, namun tidak senyaman saat kita bermain game.


Melatih Kerja Sama
Kerjasama atau teamwork memiliki peranan yang sangat penting dalam bermain game. Apalagi jika game yang di mainkan membutuhkan lebih dari satu pemain. Game online misalnya di butuhkan kerjasama tim yang baik untuk memperoleh sebuah kemenangan. Sehingga apabila hal tersebut akan baik jika bisa diterapkan d kehidupan nyata.

Mengurangi Stres dan Bosan
Stres dan bosan mungkin di alami oleh semua orang. Entah karena masalah pekerjaan, sekolah, tuntutan, dll. Didalam game seseorang bisa mengurangi stres dan rasa bosan, karena dalam sebuah game kita bisa mengekspresikan diri kita, melakukan sesuatu yang bebas dan menyenangkan. Jadi bagi yang merasakan kebosanan atau stres mengapa tidak mencoba bermain game, mungkin saja dapat membuat anda rileks dan santai.


Sikap Sportifitas dan Adil
Sikap sportifitas dan adil (fairplay) adalah nilai-nilai baik yang banyak terdapat dalam kegiatan sehari-hari. Didalam sebuah game juga secara tidak langsung nilai-nilai ini di ajarkan kepada para pemain. Misalnya saat melakukan sebuah kompetisi atau persaingan dalam game untuk memperoleh sebuah kemenangan.


Cinta dan Asmara
Sekarang ini ada juga pemain game yang mencoba-coba mencari jodoh di dalam game online. Dan tidak sedikit pula yang mendapatkan jodoh dari game online. Ya...mengapa tidak? Game online dimainkan oleh semua kalangan entah pria dan wanita, tua dan muda semua berbaur dan berinteraksi dalam game online. Jadi tidak tertutup kesempatan untuk mendapatkan jodoh d dalam game. Namun banyak juga yang salah sasaran terutama buat para lelaki, bukan bertemu pasangan wanita malah bertemu lelaki yang menyamar menjadi wanita alias hode, hahahahaha....^^


Ya itulah semua manfaat game menurut saya yang dapat saya bagikan kepada semua pembaca. Jadi tidak ada salahnya juga bila kita bermain game. Semua manfaat dan kerugian dalam bermain game tergantung dari kita sendiri. Memilih game yang baik, mengatur waktu dan pola bermain game dan memanfaatkan game untuk sesuatu yang positif sehingga tidak memberikan kerugian pada diri sendiri maupun orang lain.
Jadi bermain dan nikmatilah game sebaik-baiknya.

No comments:

Post a Comment

Jangan berkomentar yang mengandung Sara dan Flaming. Terima Kasih.